Wednesday, June 3, 2009

Smart Internet - Keluhan terhadap kecepatan ditanggapi.

Smart Internet

Setelah beberapa waktu yang lalu saya mengirimkan email berisi keluhan tentang kecepatan internet smart, akhirnya keluhan saya tersebut mendapat tanggapan.

Berikut email balasan dari customer care Smart:

Terima kasih telah menggunakan layanan e-mail SMART Telecom.
Sehubungan dengan keluhan yang Bapak alami, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Dan untuk keluhan tersebut kami akan tindak lanjuti kepada bagian terkait, sebagai informasi tambahan kami sangat membutuhkan data - data penunjang lainnya sebagai berikut :

Nomor Handphone SMART ( yang bermasalah )
Lokasi (Nama jalan, Kelurahan, Kecamatan, Kota wilayah)
Jumlah sinyal
Alamat IP yang digunakan
Sistem yang digunakan ( untuk PC Linux, Windows, dan lain-lain )
Tampilan pada layar ( notifikasi )
Tanggal dan waktu kejadian ( jam/menit/detik )

Nomor alternatif yang bisa dihubungi


_________________________________________________________

Kemudian saya menghubungi 882 dan menyampaikan bahwa akses internet masih lambat,

customer carenya mencatat keluhan saya.

Tidak lupa, saya menjelaskan bahwa kemungkinan masalahnya bukan pada nomor hp saya, atau hp nya sendiri, atau sinyalnya karena sinyalnya full (lihat cara mendapatkan sinyal smart full di sini).


Email berikutnya datang,

_________________________________________________________

Terima kasih telah menggunakan layanan E-mail SMART Telecom.

 

Menindaklanjuti permasalahan Bapak yang mengalami kesulitan menggunakan layanan Internet di lokasi Bapak, Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi, dan kami sangat berterima kasih atas apresiasi yang Bapak berikan untuk kemajuan pelayanan SMART terhadap seluruh pelanggan SMART. Kami sudah melaporkan keluhan Bapak kepada pihak terkait kami agar segera ditindaklanjuti. Berikut nomor laporan Bapak: 5019604 / 8813562452, Kami akan segera menghubungi Bapak apabila sudah ada perkambangan mengenai permasalahan tersebut.

 

Apabila Bapak membutuhkan bantuan, informasi yang lebih detail, atau mempunyai keluhan mengenai produk SMART Telecom, dapat menghubungi kami kembali melalui nomor-nomor di bawah ini

 

Nomor Smart                             : 881 ( Untuk informasi produk & layanan umum SMART )

Nomor Smart                             : 882 ( Untuk berbicara dengan Customer Care Representative )

Nomor lainnya                            : 08811223344

Fax                                           : 021-31900303

Website                                     www.smart-telecom.co.id

 

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

 

Customer Care - SMART Telecom

__________________________________________________________________


Beberapa hari kemudian saya mendapat sms dari 881 yang menyatakan bahwa masalah ini sudah ditangani dan kecepatan sudah normal kembali.
Setelah saya coba, memang sudah bisa browsing walaupun kadang di jam-jam sibuk masih terasa lambat, tapi lumayanlah.. kan memang CDMA, jadi memang tidak bisa diharapkan secepat GSM, edge atau 3G!

Btw, saya mencoba software cfosspeed untuk traffic shaping. Hasilnya, Bagus!! Kecepatan browsing meningkat.

Bagaimanapun juga, smart internet sudah berjasa memberikan layanan internet yang murah :)
Dan tanggapannya terhadap keluhan pelanggan pun cepat.

Terima kasih smart telecom, untuk internet murahnya :) 
dan semoga provider yang lain bisa mengikuti jejak smart telecom dalam menanggapi keluhan pelanggan dengan baik.